ASESOR KOMITE AKREDITASI NASIONAL (KAN) MELAKSANAKAN REAKREDITASI SNI ISO/IEC 17025:2017 DI BALAI POM DI PALU

Akreditasi adalah pengakuan formal yang diberikan oleh suatu institusi yang berwenang (KAN) terhadap kompetensi suatu lembaga, institusi atau laboratorium dalam melakukan penilaian kesesuaian tertentu, misalnya laboratorium pengujian. Laboratorium pengujian Balai POM di Palu merupakan laboratorium yang telah mendapatkan sertifikat akreditasi dari KAN dengan nomor LP-580-IDN. Dalam upaya mempertahankan status akreditasi dan menjamin bahwa Laboratorium telah menerapkan sistem manajemen mutu versi terbaru SNI ISO/IEC 17025:2017, maka Balai POM di Palu mengajukan reakreditasi ke Komite Akreditasi Nasional.

Asesmen reakreditasi dilaksanakan pada tanggal 11-12 Juli 2019. Tim Asesor yang terdiri dari Ibu Murtingsih selaku asesor kepala (ases bidang mikrobiologi) beserta asesor anggota Ibu Ratri Alfitasari (ases persyaratan umum, struktur dan manajemen), Pak Tomi Hendrayana (ases bidang pengujian kimia obat), Pak Supriyanto (ases bidang pengujian kimia pangan), dan Ibu Effi Setiawati (ases bidang pengujian kimia kosmetik dan obat tradisional).

Pertemuan dibuka secara resmi oleh Plh. Kepala Balai POM di Palu Drs. Gazali, Apt dan dihadiri oleh personel manajerial dan teknis laboratorium. Pada asesmen reakreditasi kali ini, terdapat pengajuan penambahan ruang lingkup.

Acara ditutup pada tanggal 12 Juli 2019 oleh Plh. Kepala Balai POM di Palu Drs. Gazali, Apt. Berdasarkan hasil asesmen, dinyatakan bahwa secara umum Laboratorium Balai POM di Palu telah menerapkan sistem manajemen mutu laboratorium SNI ISO/IEC 17025:2017 dengan baik dalam melakukan kegiatan pengujian sesuai lingkup yang diajukan untuk diakreditasi. Penerapan sistem manajemen mutu tersebut didukung oleh komitmen manajemen yang dilaksanakan melalui kegiatan program peningkatan kompetensi personel, uji profisiensi, kalibrasi alat, evaluasi kepuasan pelanggan dan kegiatan lain yang mendukung. Namun demikian, masih terdapat beberapa ketidaksesuaian yang perlu dilakukan tindakan perbaikan. Diharapkan dari hasil asesmen tersebut dapat meningkatkan kualitas kinerja dan sebagai continuous improvement laboratorium Balai POM di Palu.

 

 Balai POM di Palu.