Audit Internal 2020 Balai Besar POM di Jakarta dalam Masa Pandemi COVID-19

Dalam rangka memeriksa kesesuaian antara kriteria dengan aktual penerapan sistem manajemen mutu di lapangan, Balai Besar POM di Jakarta selama 2 (dua) hari melaksanakan Audit Internal. Ruang lingkup kegiatan ini meliputi ISO 9001:2015, ISO 17025:2017, Pemantauan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan penilaian awal Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas (PMPZI). Pelaksanaan audit internal diawali dengan entry meeting, Senin 11 Mei 2020, dihadiri oleh pejabat struktural, Tim Manajemen Representatif, Tim Satgas SPIP, Tim Auditor internal, dan penyelia laboratorium. Dalam upaya kewaspadaan dan pencegahan penyebaran Coronavirus Disease 2019, entry meeting dilaksanakan melalui video conference.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Balai Besar POM di Jakarta menyampaikan arahan mengenai pentingnya penerapan sistem Manajemen Mutu secara konsisten. Dengan demikian, potensi perbaikan berkelanjutan dari Sistem Manajemen Mutu dapat diidentifikasi untuk mencapai kinerja Balai Besar POM di Jakarta yang lebih baik.

Pelaksanaan Audit internal ini merupakan yang pertama dilaksanakan dengan mengintegrasikan ISO 9001:2015 dan ISO 17025:2017, pemantauan Manajemen Risiko dan verifikasi atas PMPZI. Pemeriksaan kesesuaian dilakukan dengan cara meminta bukti-bukti informasi terdokumentasi yang relevan telah sesuai dengan standar ISO 9001:2015 dan juga  ISO 17025:2017. Pemeriksaan dilakukan pula terkait pelaksanaan manajemen risiko serta monitoring mitigasi risiko yang telah dilakukan. Terhadap pelaksanaan Reformasi Birokrasi dalam Pembangunan Zona Integritas, dilakukan verifikasi terhadap data dukung dan dokumen terkait. Verifikasi juga dilakukan terhadap hasil penilaian Mandiri Evaluasi Pengendalian Intern Tingkat Entitas (PM-EPITE). Audit internal dilaksanakan di kantor, tetapi dengan memperhatikan keamanan masing-masing individu. Semua yang terlibat dalam audit internal tetap memakai masker dan melakukan social/physical distancing.

Exit meeting Audit Internal yang difasilitasi secara video conference, dilaksanakan pada hari Kamis 14 Mei 2020. Hasil temuan audit dan saran peningkatan untuk setiap fungsi dipaparkan dalam kegiatan ini. Berdasarkan hasil audit internal, telah disampaikan permintaan tindakan perbaikan dan pencegahan terhadap ketidaksesuaian. Rencana tindakan perbaikan telah dijadwalkan untuk ditindaklanjuti oleh auditan dan diverifikasi oleh auditor. Diharapkan melalui kegiatan audit internal, Balai Besar POM di Jakarta dapat menerapkan perbaikan berkelanjutan untuk melindungi masyarakat dari Obat dan Makanan yang berisiko terhadap kesehatan.

 

 

- Balai Besar POM di Jakarta -