Audit Internal Laboratorium Balai Besar POM di Jakarta dalam Rangka Pemenuhan Standar Mutu Laboratorium Berbasis ISO/IEC 17025:2017

Senin, 23 Desember 2019 ― Untuk terus meningkatkan mutu (quality) manajemen organisasi di laboratoratorium, Balai Besar POM di Jakarta mengadakan audit internal bidang pengujian pada tanggal 17-20 Desember 2019. Audit internal dilakukan dalam rangka pemenuhan standar mutu berbasis ISO 17025:2017. Tujuan dari diadakannya audit internal ini adalah mengukur kesesuaian dan konsistensi penerapan sistem manajemen mutu berbasis ISO/IEC 17025 di laboratorium Balai Besar POM di Jakarta. Adapun seksi pengujian yang diaudit antara lain Teranoko (meliputi Obat dan NAPZA, Kosmetik dan Obat Tradisional), Pangan dan Bahan Berbahaya serta Mikrobiologi. Selain itu, juga dilakukan audit internal terkait administrasi dan jaminan mutu laboratorium.

Audit internal dibuka secara resmi oleh ibu Dra. Nurul Hidayah Hadiyati, M.Si, Apt selaku Kepala Bidang Pengujian Balai Besar POM di Jakarta. Bagian yang diaudit adalah Standar Mutu Manajemen Laboratorium yang meliputi aspek-aspek teknis dan manajemen laboratorium, seperti kelengkapan dokumen, pemantauan dan pencatatan data pengujian, rekaman pengujian dan lain sebagainya.

Audit internal diakhiri dengan pembacaan temuan ketidaksesuaian oleh tim auditor yang ditugaskan serta diskusi terkait tindakan perbaikan yang harus dilakukan. Dengan adanya audit internal ini, diharapkan ketidaksesuaian yang ada dapat diidentifikasi dan tindakan perbaikan dilakukan untuk mencegah terulangnya kembali ketidaksesuaian yang sama sehingga dapat berefek pada sistem mutu di laboratorium. Disamping itu, audit internal juga diharapkan dapat menjadi peluang untuk melakukan perbaikan secara berkesinambungan (continuous improvement) sesuai dengan standar ISO/IEC 17025:2017.

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Jakarta