Audit Mutu Internal ISO 9001:2015 Loka POM di Kabupaten Banyumas

Dalam rangka implementasi Quality Management System (QMS) yang sesuai dengan ISO 9001:2015 secara efektif,efisien, dan terintegrasi, Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) di Kabupaten Banyumas melaksanakan agenda audit mutu internal selama 3 (tiga) hari, pada 12-14 Mei 2020. Audit tersebut diselenggarakan oleh seorang Lead Auditor dari Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Semarang dan beranggotakan 4 (empat) orang auditor internal yang merupakan pegawai Loka POM di Kab. Banyumas. Audit dilaksanakan secara on- site dan daring melalui aplikasi zoom dan WhatsApp group.

 

Hari pertama dilaksanakan entry meeting yang berupa pembukaan agenda audit dan diberikan paparan secara singkat terkait audit mutu internal. Selain itu juga dilaksanakan audit untuk 2 (dua) fungsi dan Manajemen Representatif (MR); masing-masing fungsi diaudit oleh 2 (dua) orang auditor. Hari kedua dilanjut dengan agenda audit 2 (dua) fungsi. Adapun hari ketiga ditutup dengan agenda exit meeting yang merupakan pemaparan temuan dan kategori nya kepada seluruh auditan, MR dan Kepala Loka POM di Kab. Banyumas.

 

Ruang lingkup AI mencakup seluruh proses bisnis dan klausul ISO 9001:2015, sedangkan lingkup dokumen yang diaudit mencakup implementasi sistem manajemen mutu semester 2 tahun 2019 sampai dengan on going tahun 2020. Diharapkan dengan diimplementasikannya Sertifikasi QMS ISO 9001:2015 untuk Kantor Loka POM di Kab. Banyumas dapat semakin meningkatkan kinerja seluruh pegawai, meningkatkan kualitas pelayanan publik, dan mendukung adanya Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) sehingga tercapai predikat Zona Integritas (ZI) bagi Badan POM RI.

 

Layanan Masyarakat Semi-Elektronik Loka POM Banyumas

Telepon      : (0281) 631222

WhatsApp  : 0813 – 2988 – 6288

E-mail       : lokapombms@gmail.com

Instagram  : @lokapom_banyumas

Youtube     : Loka POM Banyumas

 

Form online Indeks Kepuasan Masyarakat : bit.ly/ikmlokabanyumas

Form online Informasi dan Pengaduan      : bit.ly/konsumenlokabanyumas