AUDIT SURVEILAN ISO 9001:2015 BPOM DI AMBON OLEH TUV RHEINLAND

Ambon (15/09) - BPOM di Ambon dalam menjamin sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 telah mengimplementasikan secara konsisten, efektif, efisien dan terintegrasi. ISO 9001:2015 merupakan standar manajemen mutu yang dirancang untuk membantu organisasi dalam memastikan bahwa organisasi dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan stakeholdernya serta dapat memenuhi persyaratan perundangan, hukum dan peraturan yang terkait dengan produk atau Jasanya dengan mempertimbangkan manajemen risiko. Berkaitan dengan hal tersebut, pada tanggal 14-15 September 2020 telah dilakukan audit surveilan ISO 9001:2015 di BPOM di Ambon  oleh TUV Rheinland yang merupakan badan sertifikasi internasional yang ditunjuk untuk melakukan sertifikasi ISO 9001:2015 di lingkungan Badan POM RI.

Heru Subroto sebagai auditor dari TUV Rheinland pada opening meeting (14/09) menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan audit surveilan ini untuk memastikan kesesuaian sistem manajemen yang telah diterapkan pada semua proses bisnis  yang ada di BPOM di Ambon dengan persyaratan ISO 9001:2015.

Dalam sambutannya, Kepala BPOM di Ambon, Dra Hariani Apt menyampaikan bahwa audit merupakan salah satu bentuk upaya memastikan penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 sudah dilakukan secara konsisten. Hal ini dikarenakan standardisasi sistem manajemen mutu ISO 9001: 2015 merupakan hal yang sangat penting untuk diterapkan dalam pengelolaan tata kelola pemerintahan yang baik.

Dalam proses audit, Heru Subroto meninjau kesesuaian proses dengan persyaratan standar serta peraturan yang berlaku dan juga dokumentasinya dengan cara wawancara, pemeriksaan dokumen yang sesuai dan observasi langsung ke sasaran audit.

Pada closing meeting (15/09), dipaparkan hasil audit surveilan, dimana telah banyak kesesuaian penerapan sistem manajemen mutu dengan standard yang diacu, serta tidak ditemukan adanya ketidaksesuaian major, namun ada satu temuan minor yang perlu untuk ditindaklanjuti. Auditor juga memberikan beberapa saran perbaikan berkelanjutan guna meningkatan penerapan nilai – nilai manajemen dan kualitas mutu pelayanan BPOM di Ambon. Selain itu, auditor juga memberikan apresiasi berbagai aspek positif dan inovasi-inovasi yang telah dilakukan oleh BPOM di Ambon dalam menunjang kinerja dan pelayanan kepada masyarakat seperti Rujak Pala, PTSP @mall, UMKM jumping dan beberapa inovasi lainnya.

Berdasarkan hasil audit tersebut BPOM di Ambon tetap direkomendasikan untuk menyandang sertifikat ISO 9001:2015. Semoga dengan status sertifikasi ini membuat BPOM di Ambon bertambah semangat dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat Maluku khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya, serta tetap bersemangat dalam proses meraih WBK/WBBM. (HLN)

Kontributor: Pelayanan Publik BPOM di Ambon