Balai Besar POM di Padang Berhasil Mempertahankan Sertifikat QMS ISO 9001:2015

Kepercayaan dan loyalitas masyarakat terhadap instansi pemerintah, sangat ditentukan oleh bagaimana instansi  tersebut dalam memberikan pelayanan yang paripurna kepada masyarakat. Kepuasan pelanggan merupakan tolok ukur telah diterapkannya Sistem manajemen Mutu/Quality Management System (QMS). Berdasarkan hal ini, maka standardisasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 tahun 2015 merupakan hal yang sangat penting untuk diterapkan dalam pengelolaan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).

Dalam rangka implementasi Sistem Manajemen Mutu (QMS) secara konsisten, efektif, efisien sesuai persyaratan Sistem Manajemen Mutu SNI ISO 9001:2015, maka organisasi harus melaksanakan kegiatan bisnis prosesnya  sesuai butir-butir dalam  Standardisasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 sehingga membantu organisasi dalam memastikan bahwa organisasi dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan stakeholdernya serta dapat memenuhi persyaratan perundangan, hukum dan peraturan yang terkait dengan produk atau Jasanya dengan mempertimbangkan manajemen risiko.

Berkaitan dengan hal tersebut, Balai Besar POM di Padang pada tanggal 17-18 September 2020 telah dilakukan audit surveilan ISO 9001:2015 oleh TUV-Rheinland yang merupakan badan sertifikasi internasional yang ditunjuk untuk melakukan sertifikasi ISO 9001:2015 di lingkungan Badan POM RI dengan auditor  Bapak Trisomo Mulia. Tujuan pelaksanaan audit surveilan ini untuk meninjau kesesuaian psores dengan persyaratan standar dan peraturan yang berlaku serta deskripsinya dalam dokumen manajemen Balai Besar POM di Padang. Acara dibuka oleh Plt Kepala Balai Besar POM di Padang, Elyunaida, S.Si,Apt.M.Si. yang dihadiri oleh Pejabat struktural, auditor Internal, Tim QMS ISO 9001 : 2015 dan satgas SPIP, sesuai protokol covid-19 maka acara pembukaan juga dilakukan secara daring.

Pada Closing meeting, auditor menyampaikan bahwa tidak ada temuan major dan minor, terdapat 2 temuan observasi atau peluang perbaikan dan 8 aspek positif, sehingga bahwa Balai Besar POM di Padang direkomendasikan dapat mempertahankan Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015. Semoga dengan status sertifikasi dapat meningkatkan kinerja Balai Besar POM di Padang dan  memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat dan dapat mempertahankan WBK menuju WBBM.

 

BBPOM di Padang