In House Training Chemical Handling Balai POM Di Palangka Raya

Peningkatan kompetensi personel di bidang pengujian, Sistem Manajemen Mutu ISO 17025 Balai POM Di Palangka Raya menyelenggarakan in house training yang dilaksanakan pada tanggal 30-31 Oktober 2017 di aula Balai POM Di Palangkaraya dengan narasumber Emanuel Eko Haryanto, ST, MT dari PT SGS Jakarta.

Latar belakang dilaksanakannya kegiatan ini untuk menjawab temuan reakreditasi KAN pada tanggal 10-11 November 2016 yang akan disurvei kembali tindakan perbaikannya pada audit surveilan pada bulan Januari 2018. Personel penguji khususnya laboratorium kimia yang sehari-hari menggunakan reagensia kimia perlu memahami dan mengenal karakteristik reagensia yang digunakan karena berdampak pada kesehatan dan keselamatan personel penguji dalam bekerja.

Ketidaktahuan akan karakter reagensia kimia akan berpengaruh pada penyimpanan dan penanganan yang salah yang dapat berakibat fatal bagi personel maupun laboratorium. Informasi karakter reagensia kimia yang digunakan perlu diketahui personel penguji untuk perlindungan diri keselamatan kerja termasuk dengan penanganan dan alat pelindung diri yang dibutuhkan dan spesifikasinya agar tidak terjadi kontaminasi yang berisiko terhadap keseatan personil penguji.

Dari pelatihan ini diharapkan kesehatan personil penguji dapat lebih terjaga, kecelakaan kerja akibat penanganan yang salah ataupun penyimpanan yang tidak tepat akan berkurang. Kelengkapan alat pelindung diri maupun keselamatan kerja dapat ditingkatkan sesuai spesifikasi reagensia yang ditangani.

 

BPOM di Palangka Raya