Home >> Berita Aktual QMS >> In House Training Dokumentasi Berbasis Elektronik Penerapan ISO 9001:2015

In House Training Dokumentasi Berbasis Elektronik Penerapan ISO 9001:2015

Selama 2 hari, 23 Mei hingga 24 Mei 2017, Kelompok Jaminan Mutu BBPOM di Padang mengadakan In-house training Dokumentasi Berbasis Elektronik untuk Penerapan ISO 9001. Narasumber yang didatangkan yaitu Bapak Sik Sumaedi, S.T., MM., dan Bapak Ajib Haryanto, S.T. dari Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian – LIPI. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula BBPOM di Padang ini dibuka oleh Ibu Dra. Hilda Murni, Apt., MM. selaku Plh. Kepala Balai Besar POM di Padang dan diikuti sebanyak 25 peserta dari BBPOM di Padang.

 

Adapun materi yang disampaikan pada pelatihan ini yaitu : Pengantar Dokumentasi ISO 9001, Pengantar Dokumentasi Berbasis Elektronik, dan Studi kasus ISO SEMAR. SEMAR merupakan aplikasi perangkat lunak yang dirancang untuk mempermudah penerapan ISO 9001. Aplikasi SEMAR akan membuat penerapan ISO 9001 menjadi lebih efisien, lebih murah, lebih cepat, lebih transparan, lebih accessible, dan lebih terkendali. SEMAR merupakan aplikasi berbasis website yang memungkinkan tata kelola proses kritis ISO 9001 dijalankan secara elektronik. Beberapa modul dalam aplikasi SEMAR diantaranya mencakup : pengendalian dokumen, pengendalian rekaman, pengendalian ketidaksesuaian, audit internal, tindakan perbaikan, dan tindakan pencegahan.

 

Para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan terutama pada saat Studi Kasus Aplikasi SEMAR. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini BBPOM di Padang dapat menerapkan aplikasi SEMAR dan mengimplementasikan dalam kegiatan Sistem Mutu ISO 9001 dan ISO 17025.

 

BBPOM di Padang