IN HOUSE TRAINING PEMBUATAN CONTOH UJI PROFISIENSI BALAI POM DI SERANG

Laboratorium Balai POM di Serang sebagai salah satu laboratorium pengujian yang diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional diwajibkan untuk dapat menyatakan kompetensi laboratorium melalui uji profisiensi / uji banding antar laboratorium untuk setiap ruang lingkup akreditasi. Untuk mengantisipasi minimnya penawaran uji profisiensi / uji banding dari pihak eksternal, maka BPOM Serang harus mampu mengadakan uji banding antar laboratorium secara mandiri. Dalam rangka meningkatkan kompetensi ASN Balai POM di Serang dalam penyelenggaraan uji profisiensi, pada tanggal 14 – 15 Desember 2017 Balai POM di Serang mengadakan pelatihan “Pembuatan Contoh Uji Profisiensi”. Pelatihan ini menghadirkan Dr. Julia Kantasubrata sebagai narasumber dan 26 peserta dari personil Seksi Pengujian Teranokoko serta Seksi Pengujian Pangan dan Mikrobiologi. Pada pelatihan ini diharapkan personil mampu memahami dan menerapkan pembuatan contoh uji profisiensi yang baik dan benar sesuai skema ISO 17043.

Kegiatan pelatihan dibuka secara resmi oleh Prabandaru Bismo, S.Farm., Apt selaku Plh. Kepala Balai POM di Serang. Pada pelatihan ini disampaikan teknik penyelenggaraan uji profisiensi / uji banding mulai dari perencanaan, penyiapan contoh, uji homogenitas dan uji stabilitas, pengoperasian skema uji profisiensi, dan penetapan nilai konsensus untuk peserta uji profisiensi / uji banding.

Dengan pelatihan Pembuatan Contoh Uji Profisiensi diharapkan Balai POM di Serang secara mandiri dapat mengadakan uji profisiensi / uji banding antar laboratorium dengan benar dan memenuhi ketentuan, sehingga dapat memberikan keluaran hasil uji profisiensi / uji banding yang dapat dipertanggungjawabkan. Kegiatan pelatihan ini kemudian ditutup oleh Prabandaru Bismo, S.Farm., Apt selaku Plh. Kepala Balai POM di Serang.

 

Balai POM di Serang