Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Tahun 2019 Loka POM di Kabupaten Banyumas

Sebagai bentuk perbaikan dan peningkatan kinerja, khususnya terkait pelayanan informasi dan pengaduan konsumen, Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) di Kabupaten Banyumas secara konsisten melakukan Survei Kepuasan Pelanggan dalam bentuk kuisioner. Setiap pelanggan yang mengajukan permohonan pelayanan publik di lingkungan Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) di Kabupaten Banyumas diminta untuk berpartisipasi mengisi kuisioner tersebut.

 

Survei Kepuasan Pelanggan/Masyarakat Tahun 2019 merupakan program berkelanjutan untuk mengetahui Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat yang dapat dijadikan sebagai tolak ukur dalam menilai kualitas Pelayanan Publik pada tahun berjalan (Tahun 2019). Survei dilaksanakan sebagai implementasi pelaksanaan Quality Management System (QMS) ISO 9001 : 2015 Badan POM Klausul 8.2.1 tentang Kepuasan Pelanggan. Karena itulah tahapan pelaksanaannya mengacu kepada Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PerMenPANRB) No. 14/2017 tentang Pedoman Penyusunan Survey Kepuasan Masyarakat. Pengumpulan data dari 29 responden penerima layanan publik yang terjaring dalam Survei Kepuasan Pelanggan/IKM, menghasilkan nilai IKM per September-Desember Tahun 2019 yaitu 81,24 dengan rincian nilai IKM per unsur pelayanan sebagai berikut: (1) Persyaratan Pelayanan sebesar 76,67, (2) Prosedur pelayanan sebesar 76,67, (3) Waktu pelayanan sebesar 83,56, (4) Biaya dan Tarif Pelayanan sebesar 79,45, (5) Produk spesifikasi jenis pelayanan sebesar 79,79, (6) Kompetensi pelaksana sebesar 82,71, (7) Perilaku Pelaksana sebesar 86,74, (8) Maklumat Pelayanan sebesar 77,29, (9) Penanganan Pengaduan sebesar 84,58, (10) Kenyamanan Lingkungan sebesar 83,13, (11). Kedisplinan sebesar 81,67, dan (12) Transparansi sebesar 82,63.

 

Berdasarkan hasil tersebut Unit Layanan Publik Loka POM di Kabupaten Banyumas termasuk kategori B dengan tingkat Kinerja Unit Pelayanan “BAIK”. Pada Tahun 2019 per bulan September-Desember 2019, tidak ada satupun responden yang memberikan penilaian “TIDAK MUDAH”, “TIDAK NYAMAN” ataupun “TIDAK BAIK”. Masih banyak responden yang enggan menuliskan saran dan masukan ataupun tanggapan terhadap pelayanan publik yang mereka terima. Sebanyak 11 responden menuliskan saran dan tanggapan mengapresiasi dan berterimaksaih atas pelaksanaan proses layanan publik di Loka POM di Kabupaten Banyumas. Di masa mendatang pelayanan publik di lingkungan Kantor Loka POM di Kab. Banyumas diharapkan meningkat dari tahun ke tahun, sehingga pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat semakin baik. Selain itu, penilaian tersebut juga berperan dalam rangka mewujudkan Good Governance dan Clean Governance.

 

ULPK Loka POM di Kabupaten Banyumas:

Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Banyumas

Jl. Dr. Angka No. 45, Purwokerto Timur, Banyumas

 

Telepon      : (0281) 631222

WhatsApp  : 0813 – 2988 – 6288

E-mail       : lokapombms@gmail.com

Instagram  : @lokapom_banyumas

Youtube     : Loka POM Banyumas

 

Form online Indeks Kepuasan Masyarakat : bit.ly/IKMLokaBanyumas

Form online Informasi dan Pengaduan      : bit.ly/konsumenlokapombms