KAJI ULANG MANAJEMEN ISO 17025 BALAI POM DI SERANG TAHUN 2017 “Tingkatkan Kinerja Pengujian dengan Continuous Improvement”

Para ahli manajemen mutu mengatakan “Apabila kita tidak dapat membuat ukuran kemajuan, jangan harap kita dapat memanage”. Management Review (Kaji Ulang Manajemen) adalah perhelatan puncak untuk mengukur kinerja tahunan dari sebuah organisasi yang menerapkan Sistem Manajemen Mutu, termasuk di dalamnya ISO/IEC 17025 : 2005. Sebagai laboratorium terakreditasi ISO 17025, Balai POM di Serang melaksanakan Kaji Ulang Manajemen (KUM) pada tanggal 28 Desember 2017. Kegiatan KUM ini dihadiri oleh seluruh jajaran manajer Balai POM di Serang, penyelia laboratorium, tim Jaminan Mutu ISO 17025 dan perwakilan dari Seksi Pemdik Serlik.

Kegiatan KUM dibuka secara resmi oleh Dra. Nurjaya Bangsawan, Apt., M.Kes selaku Manajer Puncak sekaligus Kepala Balai POM di Serang. Dalam pembukaan, beliau menekankan pentingnya membuat suatu hal yang baru berupa inovasi, terobosan atau improvement untuk meningkatkan efektifitas, efisiensi dan kualitas mutu pengujian laboratorium.

Pada kegiatan KUM ini dibahas beberpa hal antara lain hasil evaluasi kegiatan pengujian dan sistem mutu tahun 2017, hasil audit internal maupun eksternal, kinerja pengujian, tindakan perbaikan, pencegahan dan rekomendasi peningkatan. Masing-masing Manajer Teknis, Manajer Administrasi, maupun Manajer Mutu memaparkan evaluasi kinerja dan usulan sasaran mutu untuk tahun berikutnya.

Diharapkan dengan adanya Kaji Ulang Manajemen yang dilaksanakan secara konsisten, dapat menghasilkan keputusan yang strategis terkait kebijakan, komitmen organisasi dan sasaran mutu, serta program peningkatan berkelanjutan yang dapat menjadi daya ungkit kinerja pengujian Balai POM di Serang.

 

Balai POM di Serang