Kunjungan Labkesda Bukittinggi Dalam Rangka Koordinasi Perkuatan Laboratorium Pengujian

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Padang menerima kunjungan dari UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Bukittinggi (Kamis, 28/01). Kunjungan ini dilakukan dalam rangka koordinasi untuk mempersiapkan Laboratorium di Pemerintah Daerah agar mandiri dalam pengujian, terutama untuk pengujian produk pangan. 

Kepala BBPOM di Padang, Firdaus Umar menyambut baik kunjungan ini dan berharap koordinasi ini dapat menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan dalam rangka peningkatan kapasitas dan kompetensi Labkesda Kota Bukittinggi. Peningkatan kemampuan uji laboratorium ini diharapkan agar dapat melakukan pengawasan produk pangan yang menjadi kewenangan daerah atau layanan pengujian ke masyarakat langsung seperti pengujian jajanan anak sekolah, UMKM, serta pangan jajanan di pasar atau tempat lainnya. 

BBPOM di Padang siap melakukan pendampingan dalam pengembangan sarana dan prasarana laboratorium untuk peningkatan kemampuan uji Labkesda Bukittinggi dan UPTD laboratorium daerah lainnya. Selain itu, koordinasi juga menjadi media konsultasi dalam rangka “Awareness” ISO 17025 : 2017 sebagai langkah awal untuk memulai implementasi Manajemen Laboratorium yang terakreditasi KAN.

 

Balai Besar POM di Padang