Opening Meeting Audit Internal ISO 9001:2015 Balai POM di Pangkalpinang

Dalam rangka menjaga kesesuaian unsur-unsur sistem manajemen mutu dengan standar yang telah ditentukan, kelompok jaminan mutu maka perlu dilaksanakan kegiatan Audit Internal.

 

Sebelum pelaksanaan Audit Internal dilakukan opening meeting pada hari Senin tanggal 08 Juli 2019 di Aula Balai POM Pangkalpinang. Acara dibuka oleh Kepala Balai POM diPangkalpinang, Hermanto, S.Si.,Apt., MPPM. dihadiri oleh Tim Auditor Internal dan seluruh pegawai Balai POM di Pangkalpinang ini.

 

Tim Auditor Internal diketuai oleh Sony Lawrensia, S.Farm., Apt. Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan tentang tujuan dilakukan audit bahwa Audit Internal perlu dilaksanakan untuk memeriksa kesesuaian antara kriteria mencakup kebijakan, prosedur, standar, peraturan perundang-undangan dan persyaratan system manajemen mutu ISO 9001: 2015 dengan aktual implementasi di lapangan. Mengidentifikasi potensi perbaikan berkelanjutan dari system manajemen mutu yang dibangun. Memeriksa pelaksanaan SPIP dengan melakukan verifikasi hasil mitigasi resiko pada unit kerja auditan dan memverifikasi data dukung Penilaian Mandiri-Evaluasi Pengendalian Intern Tingkat Entitas (PM-Epite) dalam upaya peningkatannya secara berkesinambungan. Memeriksa pelaksanaan RB dalam rangka pembangunan ZI menuju WBK/WBBM pada Unit Kerja (PMPZI).

 

Oleh karena itu seluruh bidang terkait untuk selalu melakukan kajian-kajian terhadap dokumen sehingga penerapannya sesuai dengan apa yang telah ditentukan. “Kegiatan ini berguna sebagai evaluasi efektifitas dan efisiensi penerapan sistem manajemen mutu di lingkungan Balai POM di Pangkalpinang, dalam upaya peningkatannya secara berkesinambungan”, jelas Sony.

 

Audit Internal selama 2 (dua) hari kerja ini dijadwalkan akan dilakukan di Sub Bagian Tata Usaha, Bidang Pemeriksaan dan Penindakan, serta Bidang Pengujian.  Adapun ruang lingkup audit meliputi Seluruh proses bisnis dan klausul ISO 9001: 2015 terkait Auditan, Pemantauan SPIP melalui pengujian (Keandalan pengendalian intern tingkat entitas melalui verifikasi data dukung PM-EPITE dan Implementasi manajemen resiko), Monitoring dan evaluasi capaian sasaran mutu dan kegiatan, Pemantauan pelaksanaan RB dalam rangka pembangunan ZI menuju WBK/WBBM pada Unit Kerja (PMPZI). Kemudian hasil dari audit tersebut akan ditindaklanjuti dan dikirimkan ke Badan POM RI di Jakarta.

 

Balai POM di Pangkalpinang