Pelatihan Internal Lab. Pengujian Mikrobiologi Balai POM Pangkalpinang “Identifikasi Listeria Monocytogenes dalam Produk Pangan”

Laboratorium Mikrobiologi Balai POM di Pangkalpinang menyelenggarakan kegiatan pelatihan internal dengan judul “Identifikasi Listeria monocytogenes dalam produk pangan pada tanggal 21-25 Agustus 2017. Kegiatan ini dihadiri oleh 5 peserta yang terdiri dari 4 personel laboratorium mikrobiologi dan 1 personel dari Balai POM Jambi dengan narasumber dari Pusat Pengujian Obat dan Makanan Nasional (PPOMN), Desty Herawati, Amd.

 

Dalam sambutannya saat membuka acara, Kasie Pangan Bahan Berbahaya dan Mikrobiologi, Iswadi S. Farm., Apt. menyampaikan bahwa Kompetensi personil penguji adalah suatu hal yang harus terus selalu ditingkatkan dari waktu ke waktu agar laboratorium mikrobiologi dapat menjamin hasil pengujian yang akurat serta terpercaya.

 

Materi yang disampaikan oleh narasumber adalah Identifikasi Listeria monocytogenes dalam Produk Pangan dengan berdasarkan Metode SNI ISO 11290-1:2012.

 

Kegiatan berlangsung lancar dan di sela-sela pengujian peserta memberikan pertanyaan - pertanyaan kepada narasumber. Pada akhir pelatihan diadakan evaluasi berupa post test untuk mengukur sejauh mana pemahaman para peserta dalam mengikuti materi yang telah disampaikan.

 

Pada acara penutupan, Kasie Pangan Bahan Berbahaya dan Mikrobiologi menyampaikan harapannya bahwa hasil pelatihan dapat diterapkan dalam pengujian mikrobiologi.

 

Balai POM di Pangkalpinang