PELATIHAN PENGUJIAN ENDOTOKSIN TINGKATKAN KOMPETENSI LABORATORIUM

Balai Besar Pengawas  Obat dan Makanan di Jakarta terus menerus meningkatkan kinerja pengujian laboratorium melalui pelatihan eksternal maupun internal. Pada  tanggal 15 - 19 Mei 2017  BBPOM di Jakarta kembali menyelenggarakan pelatihan internal laboratorium mikrobiologi. Pelatihan ini merupakan salah satu sarana yang tepat untuk memutakhirkan metode melalui verifikasi metode analisa sekaligus meningkatkan kompetensi penguji. Selain itu, pemutakhiran metode ini sejalan dengan komitmen Laboratorium Mikrobiologi BBPOM di Jakarta untuk selalu memenuhi standar akreditasi ISO 17025:2008.  Pelatihan Internal pengujian Endotoksin bakteri dalam sediaan steril ini diikuti oleh semua penguji di laboratorium mikrobiologi termasuk Manajer Teknis Laboratorium Mikrobiologi (Drs.  Ketut Kusminarno, Apt. MM) dengan bimbingan Instruktur dari Pusat Pengujian Obat dan Makanan Nasional (PPOMN), Christy Ambarsari, SSi. Apt.

Adapun materi pelatihan  adalah Verifikasi Uji Endotoksin bakteri dengan Metode Gelasi (uji limulus / Jendal Gel). Pelatihan internal ini dibuka oleh Kepala Balai Besar POM di Jakarta, Dra. Dewi Prawitasari, Apt. MKes. Dalam kesempatan ini ibu Kepala Balai berpesan agar para peserta berpartisipasi aktif dalam mengikuti pelatihan dan kepada instruktur diharapkan agar dapat mendesiminasikan ilmu dan ketrampilannya secara maksimal kepada para peserta.

Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk melatih keterampilan personel penguji mikrobiologi untuk melaksanakan metode pengujian yang baru. Pelatihan Internal merupakan salah satu bentuk perwujudan dukungan penuh Kepala Balai Besar POM di Jakarta, Dra. Dewi Prawitasari, Apt. M.Kes, kepada Laboratorium Pengujian. Diharapkan, kegiatan ini dapat dilaksanakan kembali setiap tahun topik yang berbeda untuk menjaga konsistensi dan kompetensi Laboratorium.

 

BALAI BESAR POM DI JAKARTA