Rapat Persiapan Pelaksanaan Bimtek Analisis dengan Instrumen Tahun 2020 di P3OMN

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kompetensi staf Balai Besar/Balai POM dalam memenuhi ruang lingkup pengujian Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan secara ICPMS dan pengujian Kosmetik secara GCMS, PPPOMN akan menyelenggarakan Bimbingan Teknis Analisis dengan Instrumen Bidang Kimia Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik.

Dikarenakan adanya recofusing anggaran untuk pencegahan penularan COVI-19 dan keterbatasan waktu, maka Bimtek yang semula akan diikuti oleh 33 Balai Besar/Balai POM dalam 2 periode pelaksanaan pada bulan Agustus 2020, dirubah menjadi hanya satu periode yang rencana akan dilaksanakan secara bersamaan pada tanggal 14 – 18 September 2020. Jumlah peserta dari Balai Besar/Balai POM  menjadi 10 (sepuluh) peserta untuk masing-masing laboratorium. Peserta untuk laboratorium OTSK diperuntukkan bagi Balai Besar/Balai POM yang memiliki instrumen ICPMS, sedangkan peserta untuk laborartorium Kosmetik yaitu Balai Besar/balai POM yang memiliki GCMS.

Balai Besar POM di Denpasar pada tahun ini mendapat kesempatan untuk mengikuti Bimtek Kosmetik dengan judul Identifikasi Azelaic Acid pada produk Kosmetik. Pada hari Rabu tanggal 9 September 2020 dilakukan rapat persiapan pelaksanaan Bimtek melalui zoom meeting. Rapat dipimpin oleh Ibu Sri Purwaningsih, SF., M.Si., Apt selaku Kasubbid Kosmetik dan Ibu Farida Kurniawati selaku Kasubbid OTSK. Rapat diikuti oleh 20 Balai Besar/Balai POM yaitu 10 peserta Bimtek OT dan 10 peserta Bimtek KOS. Karena masa pandemi, Bimtek OT dan KOS akan tetap dilaksanakan di P3OMN yang diikuti oleh Balai POM DKI Jakarta serta laboratorium swasta. Sedangkan peserta dari balai Besar POM/Balai POM akan mengikuti pelatihan secara virtual. Bimtek OT dan KOS  akan dilaksanakan pada waktu yang bersamaan mengingat keterbatasan di masa pandemi ini.

Pimpinan Rapat memaparkan rencana pelaksanaan Bimtek, dimana Bimtek yang dimulai pada tanggal 14 Sept 2020 akan diawali dengan pemaparan materi yaitu Identifikasi Azelaic Acid pada produk Kosmetik. Selanjutnya Selasa pada tanggl 15 September 2020 akan dilanjutkan  dengan materi Analisis unsur mineral pada produk Suplemen Kesehatan. Untuk selanjutnya dijadwalkan untuk praktikum selama 2 hari yaitu hari Rabu dan Kamis. Untuk praktikum, walaupun dilakukan secara virtual praktikum diharapkan langsung dilakukan di masing-masing Balai pada waktu yang sama sehingga apabila ditemukan kendala dapat langsung dikonsultasikan. Pada hari Jumat akan ditutup dengan diskusi. Pimpinan rapat menanyakan kesiapan masing-masing Balai Besar/Balai POM terkait pelaksanaan Bimtek pada minggu depan. Masing-masing Balai diminta untuk menyampaikan kendala dalam rencana pelaksanaan Bimtek pada tanggl 14 – 18 September 2020. Ternyata banyak kendala yang ditemukan untuk melaksanakan praktikum secara langsung diantaranya tidak tersedianya reagen yang diperlukan untuk melakukan pengujian, instrumen dalam kondisi tidak optimal, dan pada saat bersamaan ada kegiatan audit QMS di Balai.

Rapat ditutup oleh pimpinan rapat, setelah diperoleh kesepakatan untuk melaksanakan praktikum di P3OMN saja dan akan divideokan sehingga peserta dari masing-masing Balai Besar/Balai POM dapat mengikutinya.