Rapat Tinjauan Manajemen 2019 Balai Besar POM di Bandung

Bandung – Balai Besar POM di Bandung menyelenggarakan Rapat Tinjauan Manajemen Tahun 2019, pada Selasa (13/8/2019). Rapat dibuka langsung oleh Kepala Balai Besar POM di Bandung, I Gusti Ngurah Bagus Kusuma Dewa, dan dipandu oleh Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar POM di Bandung, Sofiyani Chandrawati Anwar.

Pertemuan diikuti oleh Tim Quality Management System bersama top manajemen Balai Besar POM di Bandung secara berkala guna meninjau kinerja sistem manajemen mutu dan pelayanan Balai Besar POM di Bandung secara keseluruhan. Hal ini merupakan implementasi dari ISO 9001:2015 klausul 9.3 yang menyebutkan bahwa, manajemen puncak harus meninjau sistem manajemen mutu organisasi, pada selang waktu terencana, untuk memastikan kesesuaian, kecukupan, efektivitas, dan keselarasan dengan arah strategis organisasi.

Output dari tinjauan manajemen yang dibahas dalam Rapat Tinjauan Manajemen tahun ini berdasarkan ISO 9001:2015 klausul 9.3.3 diantaranya mencakup mengenai peluang untuk peningkatan, kebutuhan perubahan pada system manajemen mutu, serta kebutuhan sumber daya. Sedangkan input tinjauan manajemen sesuai ISO 9001:2015 klausul 9.3.2, terdiri dari status tindakan dari tinjauan manajemen 2018, perubahan atas isu eksternal dan internal yang relevan dengan sistem manajemen mutu, informasi tentang kinerja dan efektifitas sistem manajemen mutu, kecukupan sumber daya, keefektifan tindakan ditujukan pada risiko dan peluang, serta peluang peningkatan.