Rapat Tinjauan Manajemen QMS ISO 9001:2008

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Bandung telah melaksanakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) QMS ISO 9001:2008 pada hari Senin, tanggal 21 November 2016. Acara dihadiri oleh seluruh pejabat struktural BBPOM di Bandung, tim QMS serta perwakilan dari Bidang dan SubBag Tata Usaha. RTM sebagai implementasi ISO 9001: 2008 klausul 5.6 bahwa pimpinan puncak harus meninjau sistem manajemen mutu organisasi pada selang waktu terencana untuk memastikan kesesuaian, kecukupan dan efektifitasnya terus berlanjut yang mencakup penilaian peluang,koreksi dan keperluan akan perubahan pada sistem manajemen mutu, termasuk kebijakan mutu dan sasaran mutu.

 

Didalam pembukaan Kepala BBPOM di Bandung selaku Manajer Puncak menyampaikan isu-isu terkini dari pengawasan obat dan makanan serta implementasi sistem manajemen mutu yang telah dilakukan BBPOM di Bandung.

RTM membahas tujuh input yaitu :

  1. hasil audit 2016
  2. umpan balik pelanggan
  3. kinerja proses dan kesesuaian produk
  4. status tindakan pencegahan dan tindakan korektif
  5. tindak lanjut tinjauan manajemen yang lalu
  6. perubahan yang dapat mempengaruhi sistem manajemen mutu
  7. saran untuk koreksi (peningkatan).

 

Sedangkan output yang dihasilkan dari RTM ini adalah menetapkan keputusan dan tindakan terkait dengan efektifitas sistem manajemen mutu dan prosesnya serta rekomendasi/saran untuk peningkatan. Selanjutnya hasil RTM ini akan dilaporkan kepada Koordinator MR sebagai bahan RTM Badan POM pada Rapat Evaluasi Nasional 2016