Home >> Berita Aktual QMS >> REAKREDITASI KAN SNI/ISO 17025 : 2008, Balai POM di Serang

REAKREDITASI KAN SNI/ISO 17025 : 2008, Balai POM di Serang

Laboratorium pengujian Balai POM di Serang merupakan laboratorium yang telah mendapatkan sertifikat akreditasi dari KAN pada tahun 2013. Untuk mempertahankan status akreditasi dan menjamin bahwa Laboratorium masih menerapkan sistem ISO/IEC 17025 : 2008 maka Balai POM di Serang mengajukan Reakreditasi yang ditandai dengan assesmen oleh tim assesor dari KAN pada tanggal 18-19 Mei 2017. Assesmen dilakukan terhadap 101 ruang lingkup yang telah diakreditasi dan 44 ruang lingkup tambahan.

Acara di buka oleh Hening Setyawati, S.Farm., Apt. selaku Manajer Mutu dan Kepala Seksi Terapetik, NAPZA, Obat Tradisional dan Kosmetik, dihadiri oleh personil manajerial dan personil penguji laboratorium. Kegiatan assesmen dilakukan oleh Tim assesor KAN yang terdiri dari Drs. Nana Suryana, M.Sc sebagai Lead Auditor sekaligus assesor di sistem mutu serta tiga anggota Assesor lainnya, yaitu Dr. Drh. Michael Haryadi Wibowo, M.P. sebagai assesor di Laboratorium Mikrobiologi, Prof. Sismindari, Apt., SU., Ph.D. sebagai Assesor di Laboratorium Pengujian Teranokoko dan Dr. Didah Nur Faridah sebagai assesor di Laboratorium pengujian Pangan dan Bahan Berbahaya. Assesmen dilakukan selama dua hari meliputi seluruh aspek yang tertera pada SNI/ISO 17025 : 2008, yaitu aspek penerapan sistem manajemen mutu dan aspek teknis

Acara di tutup pada tanggal 19 Mei 2017 oleh Kepala Balai POM di Serang selaku Manajer Puncak, Dra. Nurjaya Bangsawan, Apt., M.Kes. Berdasarkan hasil assesmen, dinyatakan bahwa Laboratorium Pengujian Balai POM di serang telah mengembangkan, menetapkan, menerapkan dan memelihara Sistem Manajemen Mutu sesuai standar ISO/IEC 17025 : 2008 dengan dukungan dari manajemen, peralatan yang memadai dan terkalibrasi serta metode pengujian yang diacu. Jaminan mutu pengujian dilakukan dengan berpartisipasi pada Uji Profisiensi dengan FAPAS dan PPOMN. Namun demikian, masih terdapat beberapa temuan ketidaksesuaian yang perlu dilakukan tindakan perbaikan. Hal ini sangat bermanfaat sebagai peningkatan kualitas dan continuous improvement bagi Laboratorium Pengujian Balai POM di Serang.

 

Balai POM di Serang