Survailen ISO/IEC 17025:2017 di Balai Besar POM di Bandung

Bandung - Sebagai laboratorium yang telah terakreditasi ISO/IEC 17025:2017, Balai Besar POM di Bandung selalu menjaga konsistensi penerapan ISO/IEC 17025:2017 dalam lingkup kegiatan pengujian. KAN selaku lembaga akreditasi nasional melakukan kegiatan Surveilan dua kali dalam masa akreditasi pada Laboratorium yang telah terakreditasi. Kegiatan surveilan kedua untuk laboratorium Balai Besar POM di Bandung telah dilakukan pada tanggal 23-24 September 2019. Tim Asesor terdiri dari 5 orang, yaitu Budi Susilowati selaku Asesor Kepala, dengan asesor anggota yang terdiri dari Artati Hapsari, Silvia Surini, Supriyanto dan Tri Pratiwi.

Opening meeting surveilan dilakukan pada tanggal 23 September 2019 bertempat di gedung Bandung Information Center (BIC) Balai Besar POM di Bandung, dihadiri oleh Tim Laboratorium, Plh. Kepala BBPOM di Bandung, Plh. Kepala Bidang Pengujian. Kegiatan diawali dengan sambutan dari Dra Siti Rulia, Apt. selaku Plh. Kepala Balai Besar POM di Bandung, dilanjutkan dengan penyampaian agenda dan tujuan surveilan oleh Asesor Kepala. Agenda selanjutnya adalah peninjauan ke laboratorium dan pelaksanaan kegiatan surveilan oleh Tim Asesor.

Closing meeting dilakukan pada Selasa 24 September 2019 dengan pembacaan hasil ketidaksesuaian oleh Asesor. Tindakan perbaikan perlu ditindak lanjuti dalam waktu yang sudah disepakati. Dari hasil surveilan laboratorium Balai Besar POM di Bandung oleh KAN ini dapat disampaikan bahwa Manajemen Laboratorium telah menerapkan Sistem Manajemen Mutu sesuai persyaratan ISO/IEC-17025:2017 secara konsisten namun ada beberapa ketidaksesuaian yang harus ditindaklanjuti agar laboratorium lebih baik lagi dalam penerapan sistem manajemen mutu ISO/IEC 17025:2017