Surveilan Sistem Manajemen Mutu Balai Besar POM di Makassar oleh KAN

#SahabatBBPOMMakassar

Dalam rangka memelihara status akreditasi berdasarkan SNI ISO/IEC 17025:2017,  Laboratorium Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Makassar telah mengajukan ke Komite Akreditasi Nasional untuk menyelenggarakan Surveilan. Dengan pemenuhan terhadap kebijakan dan prosedur KAN yang telah diakui internasional secara konsisten, Laboratorium BBPOM di Makassar akan fokus terhadap peningkatan kompetensinya dalam melakukan kegiatan penilaian kesesuaian. Surveilan adalah proses untuk menilai komitmen laboratorium BBPOM di Makassar dalam menjalankan sistem manajemen mutu berdasarkan aspek-aspek yang terkandung SNI ISO/IEC 17025:2017.

Kegiatan Surveilan KAN dilaksanakan selama 2 hari yaitu mulai tanggal 28 s/d 29 November 2019 yang beranggotakan 5 (lima) orang asesor dengan lingkup aspek Manajemen, aspek Kimia Obat, aspek Kimia Obat Tradisional dan Kosmetik, aspek Kimia Pangan dan aspek Mikrobiologi. Surveilan ini menggunakan Tool’s yang terdiri dari persyaratan umum, structural, sumber daya, proses dan manajemen.

Berdasarkan surveilan, Laboratorium Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Makassar telah menerapkan sistem manajemen mutu sesuai persyaratan SNI ISO/IEC 17025:2017. Adapun temuan ketidaksesuaian akan diselesaikan oleh laboratorium paling lambat 28 Januari 2020.

 #BBPOMMakassarBisa

Balai Besar POM Di Makassar