Tetap Produktif di tengah Pandemi, BBPOM di Samarinda laksanakan Audit Internal Tahun 2020

Balai Besar POM di Samarinda, telah melaksanakan Audit internal (AI) dengan lingkup audit antara lain ISO 9001:2015, ISO 17025:2017, Pemantauan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan verifikasi awal Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas (PMPZI). Audit internal ini dilaksanakan guna memastikan Quality Management System (QMS) telah diterapkan dengan baik.

Pandemi covid-19 tidak menghalangi pelaksanaan audit internal Balai Besar POM di Samarinda. Opening meeting dilaksanan pada hari Senin, 11 Mei 2020 bertempat di Aula Pertemuan, dengan tetap mengedepankan aspek-aspek pencegahan seperti menggunakan masker dan tetap menjaga jarak. Dalam sambutannya, Kepala Balai Besar POM di Samarinda Bapak Drs. Leonard Duma, Apt., MM menyampaikan pentingnya kegiatan ini dilaksanakan untuk memastikan penerapan ISO pada tiap fungsi berjalan dengan baik. Kebijakan Pemerintah terkait penerapan  Work From Home (WFH), merupakan salah satu tantangan yang dihadapi BBPOM di Samarinda untuk bekerja secara profesional sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan meskipun ditengah keterbatasan. Audit internal dilaksanakan selama 2 hari dengan memadukan metode  tatap muka dan daring menggunakan aplikasi video confference.

Pada Exit meeting yang dilaksanakan, Kamis 14 Mei 2020, disampaikan hasil temuan audit, saran peningkatan dan aspek positif yang ditemukan pada setiap fungsi. Permintaan tindakan perbaikan dan pencegahan terhadap ketidaksesuaian telah dijadwalkan untuk ditindaklanjuti oleh auditan dan diverifikasi oleh auditor. Diharapkan melalui kegiatan audit internal, Balai Besar POM di Samarinda dapat meningkatkan efektifitas penerapan ISO dalam bekerja secara profesional untuk melindungi masyarakat dari Obat dan Makanan yang berisiko terhadap kesehatan.