Tingkatkan Kemampuan Audit Internal, BBPOM di Manado Jaga Konsistensi Pelaksanaan ISO 17025 : 2017

15 – 16 Februari 2020, BBPOM di Manado menyelenggarakan pelatihan Audit Internal bekerja sama dengan BSI sebagai lembaga training. Pelatihan diselenggarakan secara daring dengan bapak Budy Setiawan sebagai trainer yang diikuti sebanyak 25 peserta.

Pelatihan dibuka oleh Agung Kurniawan, S.T., sebagai Plh. Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BB POM) di Manado. Dalam pembukaan acara pelatihan tersebut, Agung menyampaikan bahwa pelatihan ini dilaksanakan dengan tujuan penyegaran sekaligus meningkatkan kompetensi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang belum mendapatkan pengetahuan audit internal.

Agung juga berharap dengan adanya pelatihan ini maka audit internal yang akan dilaksanakan nantinya tidak hanya menjaga konsistensi penerapan The International Organization for Standardization (ISO) 17025:2017, tetapi juga memberikan improvement yang dapat meningkatkan efisien dan efektifitas.

Selaras dengan hal tersebut, Budy sebagai narasumber menyampaikan manfaat audit internal, di antaranya membantu internal organisasi agar dapat menjalankan tugasnya secara efektif, memberikan masukan sebagai peluang improvement, dan memastikan organisasi memenuhi persyaratan dalam klausul ISO 17025 guna menjamin validitas hasil uji laboratorium, serta mencegah keberulangan penyimpangan.

"Audit internal dilaksanakan terprogram, serta memperhatikan perkembangan dan perubahan, baik secara internal maupun eksternal. Hal ini tentunya akan membantu organisasi lebih fleksibel dan adaptif terhadap perubahan yang terjadi sehingga BB POM di Manado nantinya dapat meningkatkan pelayanan pengujian dengan tetap mengutamakan pemenuhan klausul-klausul teknis dalam menjaga validitas hasil pengujian," pungkas Budy.