Home >> Berita Aktual QMS >> Tingkatkan Kompetensi Pranata Komputer BPOM, Tingkatkan Layanan Publik BPOM

Tingkatkan Kompetensi Pranata Komputer BPOM, Tingkatkan Layanan Publik BPOM

E-Government menjadi salah satu upaya meningkatkan mutu pelayanan publik melalui pemanfaatan teknologi informasi. Hal ini tidak lepas dari peranan Tim IT atau Pranata Komputer. Pranata Komputer adalah pejabat fungsional yang berkedudukan sebagai pelaksana teknis fungsional penyelenggaraan kegiatan sistem informasi berbasis komputer di lingkungan Instansi pemerintah. Untuk meningkatkan kompetensi Pranata Komputer, telah dilaksanakan “Sosialisasi Peningkatan Kompetensi Jabatan Fungsional Pranata Komputer dan Awareness ISO 27001:2013” pada Selasa, 28 Desember 2016 di Aula Gedung C yang diikuti oleh seluruh pemegang jabatan fungsional Pranata Komputer (Jabfung Prakom) Badan POM Pusat, sedangkan Jabfung Prakom Balai Besar/ Balai POM seluruh Indonesia mengikuti Sosialisasi ini melalui video conference (vicon).

 

Acara Sosialisasi ini bekerjasama antara BPOM dan Badan Pusat Statistik (BPS)  dan dihadiri oleh Yuli Ekowati (Kepala Bagian Pengembangan Pegawai – Biro Umum) dan Rika Kania (Kasubbag Jabatan Fungsional-Biro Umum). Dalam kesempatan ini  Atiek Supardiati (Kepala Bidang Teknologi Informasi PIOM) menyampaikan  peran IT sangat penting untuk meningkatkan layanan publik Badan POM dan perlunya tetap mempertahankan sertifikasi ISO 27001:2013.

 

Sebagai Narasumber dari Badan Pusat Statistik selaku Instansi Pembina Jabatan Fungsional Pranata Komputer yaitu Bapak Daryanto dan Bapak Hasan As''ari yang memberikan pemaparan serta diskusi interaktif. Diskusi berlangsung hangat dan antusias dari peserta Pusat maupun Balai Besar/ Balai POM seluruh Indonesia.

 

Daryanto menyampaikan saat ini sedang disusun revisi Permenpan terkait Jabatan Fungsional Pranata Komputer dan Angka Kreditnya yang lebih mengakomodir butir-butir kegiatan pranata komputer di berbagai instansi terutama terkait manajemen data. Hal ini sejalan dengan kebijakan Satu Data Badan POM yang membutuhkan peran aktif Pranata Komputer untuk tercapainya hal tersebut.

 

Diharapkan dengan meningkatnya kompetensi Pranata Komputer juga dapat meningkatkan layanan publik Badan POM terutama yang terkait dengan teknologi informasi yang pada akhirnya mendukung visi dan misi Badan POM.(Anggia-PIOM)

 

Pusat Informasi Obat dan Makanan