UJI KOLABORASI METODA ANALISA OBAT TRADISIONAL DAN SUPLEMEN KESEHATAN DI BALAI BESAR POM DI PADANG

Dalam rangka menilai kinerja laboratorium Balai Besar POM di Padang terhadap pengujian obat tradisional dan suplemen kesehatan, sekaligus sebagai salah satu cara untuk menjamin mutu dan validitas hasil pengujian sesuai kalusul 7 ISO 17025,  maka laboratorium pengujian obat tradisional dan suplemen kesehatan Balai Besar POM di Padang perlu berpartisipasi sebagai peserta kolaboran pada uji kolaborasi  metoda analisis antar laboratorium yang dilaksanakan pada tanggal 01 November 2021 sampai tanggal 12 November 2021.

Adapun metoda analisis yang dikolaborasikan adalah “Identifikasi dan Penetapan Kadar Lovastatin dalam Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan Sediaan Padat Mengandung Ekstrak Red Yeast Secara Kromatografi Cair Kinerja Tinggi – Photo Diode Array. Dalam uji kolaborasi ini, dilaksanakan oleh tim pengujian obat tradisional dan suplemen kesehatan yaitu Hilda Murni yang merupakan Koordinator Substansi Pengujian sebagai Penanggung Jawab Kegiatan; Thu Desy Cameryta sebagai Evaluator dan Verifikator; Fadillah dan Resti Cipta Utami sebagai Tim Penguji.

Tim penguji  melakukan pengujian berdasarkan protokol pengujian 12/OTSK/MA-PPPOMN/19 dari PPPOMN. Diharapkan dengan adanya kolaborasi uji metoda analisis ini, dapat meningkatkan kompetensi penguji di Balai Besar POM di Padang dan dapat dijadikan salah satu Jaminan Mutu Hasil Pengujian terhadap metoda analisis ini.

Balai Besar POM di Padang