Bangga, BBPOM di Mataram memperoleh Sertifikat ISO 9001 ;2008
Perjuangan Balai Besar POM di Mataram untuk mendapat Sertifikat ISO 9001 : 2008 sebagai wujud penerapan manejemen mutu akhirnya membuahkan hasil . Sertifikat ISO 9001 : 2008 dengan No. QEC 28465 tanggal 26 Mei 2011 telah diserahkan kepada Kepala Balai Besar POM di Mataram Dra Hj.Sri Utami Ekaningtyas, Apt MM oleh Perwakilan SAI Global Indonesia di Jakarta ,Ibu Mia Rosse A pada tanggal 31 Mei 2011 bertempat di Kantor SAI Global Jakarta. Selanjutnya pada Upacara bendera hari Senin tanggal 6 Juni 2011, Sertifikat ISO 9001 : 2008 diserahkan secara estafet kepada Koordinator Bidang sebagai wujud komitmen untuk mengimplementasikan Quality Management System (QMS) secara konsisten dan berkelanjutan.
Perjuangan untuk mendapatkan Sertifikat ISO 9001 : 2008 dimulai sejak tanggal 31 Agustus 2010 dengan pembentukan Tim QMS ISO 9001:2008 sesuai SK Kepala Balai Besar POM di Mataram dilanjutkan dengan In House Training pada awal September 2010. Sejak itu dimulailah implementasi dan penyusunan dokumen, secara otodidak dan mandiri. Pelatihan Understanding QMS untuk seluruh karyawan dilaksanakan pada bulan Oktober 2010 dan Pelatihan Audit Internal bagi 6 orang Tim QMS di SAI Global Surabaya pada bulan Oktober pula. Pada tanggal 4 Maret 2011 SAI Global melaksanakan Pre Audit dokumen dengan temuan lumayan banyak. Dan setelah dilakukan perbaikan, maka sebagai tahap akhir pada tanggal 25 28 April 2011 dilakukan Audit QMS dalam rangka Sertifikasi ISO 9001 : 2008.
Ruang lingkup Bussines Process yang tertuang dalam Sertifikat ISO 9001 : 2008 meliputi :
- Society information sevice and complaint handling for drug and food
- Recommendation and approval of HALAL label
- Distribution onitoring and sampling for Therapeuticproduc proudct
- Investigasi for drug and food
- Laboratory test for drug and food
Dengan terbitnya Sertifikat ISO 9001 : 2008 ini diharapkan dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam melaksanakan tugas bagi seluruh warga organisasi Balai Besar POM di Mataram sesuai prinsip prinsip Quality Management System (QMS ) . Perjuangan BBPOM di Mataram dalam memperoleh Sertidfiklat ISO harus diimbangi dan ditindaklanjuti dengan implementasi secara konsisiten dan selalu bersemangat untuk continues improvement.
BBPOM di Mataram