Error message

Notice: Undefined offset: 1 in counter_get_browser() (line 70 of /opt/html/qms/sites/all/modules/counter/counter.lib.inc).

Closing Meeting Audit Eksternal QMS ISO 9001 : 2015

Untuk memastikan Sistem Manajemen Mutu Organisasi diimplementasikan dengan efektif dan memenuhi persyaratan standar ISO 9001:2015, maka telah dilaksanakan Audit Resertifikasi QMS ISO:9001 oleh Sucofindo yang berlangsung selama 2 (dua) hari tanggal yaitu tanggal 02-03 Agustus 2021. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Balai Besar POM di Palembang, Bapak Drs. M. Suhendri, Apt, M.Farm bertempat di Ruang Aula Balai Besar POM di Palembang. Ruang Lingkup audit antara lain meliputi Pengawasan Obat dan Makanan Balai Besar POM di Palembang

Tim Auditor menyampaikan 14 aspek positif yang merupakan improvement/peningkatan yang telah dilakukan Balai Besar POM di Palembang. Improvement yang dilakukan antara lain:

1. Perbaikan dari hasil audit internal dan eksternal,

2. Meningkatnya Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat

3 triwulan terakhir, yaitu Triwulan IV tahun 2020 sebesar 88,94, Triwulan I tahun 2021 meningkat sebesar 89,15 dan Triwulan II 2021 sebesar 91,89. 3. Meningkatnya nilai IPP (Indeks Pelayanan Publik) dari 3,80 tahun 2020 menjadi 4,27

4. KOREAN DRAMA (Komunikasi, Informasi, dan Edukasi Keliling Di Jalan Cerdaskan Masyarakat) : program edukasi tentang obat dan makanan keliling dengan komunikasi satu arah ada tahun 2021.

5. Selasilat (Self Assesment Hasil Diklat) : aplikasi yang digunakan peserta pelatihan untuk mengevaluasi kompetensi diri mereka sendiri setelah mengikuti pelatihan.

6. Evasilat (Evaluasi Hasil Diklat) : aplikasi yang diisi oleh kepala bagian dan atau koordinator substansi untuk mengevaluasi kompetensi pegawainya setelah mengikuti pelatihan dan diisi minimal sebulan setelah pelatihan dilaksanakan

7. SIAPREN (Sistem Aplikasi Pemantauan Reagensia dan Suku Cadang) : aplikasi yang digunakan untuk mengendalikan stok reagensia dan suku cadang.

8. Bucu Pasar/Kejar Diskon : program yang dilaksanakan di pasar untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melakukan pengujian obat dan makanan secara gratis.

9. SIKAP (Siap Ingatkan Kepatuhan APD Petugas) : Sarana online untuk mengingatkan Petugas laboratorium terhadap kepatuhan penggunaan APD (alat pelindung diri) dengan cara melaporkan petugas yang tidak menggunakan APD saat bekerja di laboratorium sesuai dengan ketentuannya melalui Scan QR CODE.

10.LAJUKELA Pelayanan publik untuk pengaduan masyarakat atau meminta informasi melalui telefon/sms/whatsapp langsung ke nomor Kepala BBPOM di Palembang

11.Pohon Harapan : Konsumen diminta untuk menuliskan harapan mereka terhadap BBPOM di Palembang di secarik kertas untuk kemudian digantungkan di pohon Harapan

12.SIPAPA Sistem Informasi Palembang Peduli Pangan Aman merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk memberikan informasi keamanan pangan yang seluas-seluasnya kepada masyarakat

13.SIPATAS Aplikasi yang berfungsi untuk melakukan pelayanan yang cepat dan tuntas sehingga semua pertanyaan dan pengaduan masalah dari masyarakat dapat dilayani secara elektronik

14.METALIKA Monitoring Evaluasi Tindak Lanjut Kinerja dan Anggaran, METALIKA adalah aplikasi monev terhadap 28 indikator kinerja per triwulan sebagai dasar penilaian kinerja Balai Besar POM di Palembang

 

Pada penyampaian report audit, Tim auditor tidak menerbitkan ketidaksesuaian baik Major maupun minor, namun menerbitkan observasi sebagai saran kepada organisasi. Tim auditor menyampaikan 3 observasi untuk Balai Besar POM di Palembag, yaitu 1 observasi terhadap Bagian Tata Usaha dan 2 observasi terhadap Kelompok Substansi Pengujian. Closing Meeting dipimpin oleh Kepala Balai Besar POM di Palembang. Beliau mengharapkan kepada seluruh pegawai BBPOM di Palembang agar setiap saran apapun yang didapat selama audit menjadi bahan perbaikan yang berkelanjutan bagi kemajuan BBPOM di Palembang.

Balai Besar POM di Palembang