Evaluasi Kesesuaian Implementasi Standar ISO 9001:2015 di BBPOM di Jakarta
Dalam rangka evaluasi kesesuaian implementasi sistem manajemen mutu berdasarkan standar ISO 9001:2015, Balai Besar POM di Jakarta melaksanakan kegiatan Audit Surveilance ISO 9001:2015 oleh TUV Rheinland Indonesia pada tanggal 20 September 2019. Kegiatan ini sebagai upaya BBPOM di Jakarta sebagai organisasi penyelenggara pelayanan public untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dengan menerapkan Reformasi Birokrasi pada program penataan dan penguatan tata laksana.
Tujuan audit adalah untuk memastikan kemampuan sistem manajemen dalam pemenuhan persyaratan perundangan yang berlaku dan persyaratan pelanggan, memastikan efektifitas sistem manajemen dalam pencapaian sasaran mutu dan mengidentifikasi peluang untuk peningkatan sistem manajemen. Selain itu audit surveilansbertujuan untuk memotret konsistensi pelaksanaan QMS terhadap perubahan isu internal dan eksternal yang ada di organisasi.
Audit Surveilans di Balai Besar POM di Jakarta dibuka oleh Wakil Manajemen Representatif dan hadiri oleh seluruh pejabat structural, TIM QMS, Tim Auditor Internal dan Tim SPIP. Auditor TUV Rheiland dipimpin oleh Dian Ardian Kumala dengan anggota Satia Nugraha. Proses audit berjalan dengan lancar dengan paparan, diskusi, dan masukan yang membangun untuk implementasi QMS di BBPOM di Jakarta.
Hasil audit menyatakan bahwa BBPOM di Jakarta dapat direkomendasikan untuk mempertahankan sertifikasi baru ISO 9001 : 2015.