Error message

Notice: Undefined offset: 1 in counter_get_browser() (line 70 of /opt/html/qms/sites/all/modules/counter/counter.lib.inc).

PELATIHAN IMPLEMENTASI SISTEM MUTU TERINTEGRASI ISO 9001:2015, ISO 17025:2017, DAN ISO 45001:2018

Mataram – Senin-Selasa (18-19/04/2022) Balai Besar POM di Mataram melaksanakan pelatihan implementasi sistem mutu terintegrasi ISO 9001:2015, ISO 17025:2017, dan ISO 45001:2018. Menjadi sangat tidak efisien bila ketiga sistem standard ini diterapkan dalam suatu organisasi secara terpisah-pisah, selain sumberdaya pengelolanya menjadi boros, juga terjadi banyak duplikasi dokumen kerja, pengulangan pekerjaan yang sama serta struktur organisasi yang membengkak. Untuk mengatasi ketidakefisienan ini, BBPOM di Mataram berusaha untuk menerapkan sistem manajemen mutu terintegrasi dengan cara mengintegrasikan semua persyaratan atau sebagian persyaratan dalam organisasi dan mengintegrasikan fungsi-fungsi yang sama dalam struktur organisasi menghasilkan sistem manajemen mutu organisasi terintegrasi.

Pada pembukaan pelatihan tersebut Kepala Balai Besar POM di Mataram ibu dra. I Gusti Ayu Adhi Aryapatni, apt memberikan arahan kepada peserta agar mengikuti pelatihan yang dilakukan dengan baik agar mampu menginterpretasikan klausul-klausul pada sistem mutu untuk kemudian diimplementasikan dalam proses bisnis yang berjalan di Balai Besar POM di Mataram.

Peserta pelatihan berasal dari perwakilan masing-masing fungsi yang ada di Balai Besar POM di Mataram. Pelatihan yang berlangsung selama dua hari ini memiliki dua materi inti, yakni overview masing-masing sistem mutu dan pengenalan sistem mutu terintegrasi. Bapak Jesaya Jaduman Samosir, ST. dari British Standard Institute (BSI) selaku narasumber tidak hanya memberikan materi kepada peserta, tetapi juga memberikan penugasan dan pre serta post test untuk memastikan peserta memiliki pemahaman yang mendalam dan mampu menginterpretasikan sistem manajemen terintegrasi. Keluaran dari kegiatan ini adalah pegawai diharapkan mendapatkan informasi, pemahaman dan persamaan persepsi terkait sistem mutu terintegrasi untuk menunjang proses bisnis yang berjalan di Balai Besar POM di Mataram, dengan berorientasi pada mutu layanan, hasil uji yang valid, serta keselamatan dan kesehatan kerja.