Pelatihan Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM)
Balai Besar POM di Mataram yang merupakan salah satu Balai yang telah memperoleh Sertifikat ISO 9001 : 2008 berupaya secara terus menerus mengembangkan diri dalam menghadapi era keterbukaan dimana masyarakat semakin kritis untuk mendapatkan pelayanan yang berkualitas sehingga diperlukan pengukuran kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan dengan menyusun Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM).
Sebagai wujud continuous improvement QMS pada tanggal 7-9 September 2011 bertempat di Senggigi Kab. Lombok Barat seluruh Tim QMS Balai Besar POM di Mataram melakukan Pelatihan P enyusunan IKM dipandu oleh narasumber dari konsultan. Pada kesempatan itu narasumber menyampaikan tentang latar belakang perlunya IKM, manfaat dari pengukuran IKM, unsur-unsur dalam IKM dan tahapan penyusunan IKM .
Manfaat yang akan diperoleh dari pen gukuran IKM ini adalah :
- Mengetahui kelemahan/kekurangan dalam memberikan pelayanan
- Mengetahui kinerja pemberian pelayanan yang telah diberikan secara periodik
- Memacu persaingan positif antar unit pemberi pelayanan
- Masyarakat dapat megetahui gambaran tentang kinerja unit pelayanan
Dengan adanya Pelatihan Penyusunan IKM ini diharapkan kepuasan masyarakat dapat diukur sehingga dapat meningkatkan kinerja pelayanan di Balai Besar POM di Mataram.
BBPOM di Mataram