Penerapan Sistem Manajemen Mutu Melalui Pengembangan QMS dalam Rangka Sinkronisasi ISO 9001:2008
Salah satu Program Prioritas Badan POM yang harus dilaksanakan dalam rangka penerapan Reformasi Birokrasi adalah Pengembangan dan Penerapan Quality Management System (QMS), untuk itu seluruh warga organisasi Balai Besar POM di Mataram selalu berkomitmen melaksanakan QMS.
Setelah Balai Besar POM di Mataram berhasil memperoleh Sertifikat ISO 9001 : 2008 No. QEC 28465 tanggal 26 Mei 2011 melalui perjuangan yang cukup panjang, maka sebagai wujud continuous improvement telah dilaksanakan kegiatan Pengembangan QMS dalam rangka Sinkronisasi ISO Badan POM pada tanggal 7-9 September 2011 bertempat di Hotel Jayakarta, Senggigi � Kab. Lombok Barat dengan narasumber dari konsultan yang diikuti oleh seluruh Tim QMS Balai Besar POM di Mataram .
Narasumber membahas secara detail tentang proses pembuatan, format-format, tata cara penomoran Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Instruksi Kerja (IK) yang sistematis. Diskusi pembahasan dan pembuatan IK berlangsung seru dan alot, tapi beruntung sekali karena Balai Besar POM di Mataram telah memperoleh Sertifikat ISO 9001 : 2008 sehingga pembahasan dan pembuatan IK dapat berjalan lancar dan diselesaikan dengan baik.
Sebagai hasil dari kegiatan ini, IK yang dibuat telah disinkronisasi dengan Standar Operasional Prosedur sesuai ISO 9001 : 2008 Badan POM RI.
�
�
BBPOM di Mataram
�