In House Training Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008
Menindaklanjuti arahan Kepala Badan POM RI agar Balai POM menerapkan Quality Management System (QMS) atau Sistem Manajemen Mutu (SMM), Kepala Balai Besar POM di Mataram Dra. Hj. Sri Utami Ekaningtyas, Apt., M.M. pada tanggal 31 Agustus 2010 telah mencanangkan disusun dan diterapkannya SMM di Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Mataram. Struktur organisasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 beserta personalia telah dibentuk berdasarkan SK Kepala Balai Besar POM di Mataram No.OR.06.108.08.10.1187B tanggal 31 Agustus 2010.
Bertempat di ruang kerja Kepala Balai POM di Mataram, pada tanggal 3 September 2010 telah dilakukan in house training tentang pemahaman Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 oleh Mohamad Kashuri, S.Si., Apt., M.Farm. selaku koordinator Tim SMM ISO 9001:2008 dengan materi yang dipelajari secara bersama-sama dari internet dan diikuti oleh seluruh pejabat struktural serta personel yang terkait kegiatan.
Dalam kegiatan tersebut, disampaikan tentang pengertian SMM, manfaat, sejarah perkembangan, dokumentasi Sistem Manajemen Mutu, cara penyusunan dokumen serta Time Schedule Balai Besar POM di Mataram untuk mendapatkan sertifikat akreditasi ISO 9001:2008.
Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 merupakan prosedur terdokumentasi dan praktek-praktek standar untuk manajemen sistem, yang bertujuan menjamin kesesuaian dari suatu proses dan produk (barang atau jasa) terhadap kebutuhan atau persyaratan tertentu, dimana kebutuhan atau persyaratan tertentu tersebut ditentukan atau dispesifikasikan oleh pelanggan dan organisasi.
Manfaat Penerapan ISO 9001:2008 adalah: meningkatkan kepercayaan pelanggan, jaminan kualitas produk dan proses, meningkatkan produktivitas perusahaan dan market gain, meningkatkan motivasi, moral & kinerja karyawan, sebagai alat analisa kompetitor perusahaan, meningkatkan hubungan saling menguntungkan dengan pemasok, meningkatkan cost efficiency & keamanan produk, meningkatkan komunikasi internal, meningkatkan image positif perusahaan, sistem terdokumentasi dan media untuk pelatihan dan pendidikan.
Sejarah perkembangan ISO sejak 1943 sampai 2008 telah banyak mengalami penyempurnaan yang tujuannya adalah memenuhi tuntutan yang semakin komlpeks. ISO 9001 versi 2000 dan versi 2008 lebih mengedepankan pada pola proses bisnis yang terjadi dalam organisasi perusahaan sehingga hamper semua jenis usaha bisa mengimplementasi system management mutu ISO 9001 ini. Sistem ISO 9001:2008 berfokus pada effectifitas proces continual improvement dengan pilar utama pola berpikir PDCA, dimana dalam setiap process senantiasa melakukan perencanaan yang matang, implementasi yang terukur dengan jelas, dilakukan evaluasi dan analisis data yang akurat serta tindakan perbaikan yang sesuai dan monitoring pelaksanaannya agar benar-benar bisa menuntaskan masalah yang terjadi di organisasi. Pilar selanjutnya yang digunakan untuk menyukseskan proses implementasi ISO 9001 adalah: customer focus, leadership, keterlibatan semua pihak, pendekatan proses, pendekatan sistem ke manajemen, perbaikan berkelanjutan, pendekatan fakta sebagai dasar pengambilan keputusan dan kerja sama yang saling menguntungkan dengan pemasok
Sebagai bukti bahwa organisasi telah menerapkan sistem manajemen mutu ini, Balai Besar POM di Mataram akan menjalani proses sertifikasi dari Lembaga yang independen sebagai bukti atas kesesuaiannya memenuhi berbagai persyaratan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 sehingga lebih meningkatkan kepercayaan mitra bisnisnya/ stake holdernya. Untuk itu telah dibuat time schedule yang menggambarkan persiapan yang dilakukan, target yang ingin dicapai dan penanggung jawab kegiatan.
Saat ini Balai Besar POM di Mataram sedang menyusun semua dokumen mutu (level 1 sampai 4), pada tanggal 11-12 Oktober 2010 mendatangkan nara sumber dari AN Training untuk memberikan pemahaman SMM ISO 9001:2008, tanggal 14-15 Oktober 2010 mengirimkan 6 staf untuk mengikuti pelatihan audit internal di SAI Global. Balai Besar POM di Mataram menargetkan sebelum Juni 2011 telah mendapat setifikat akreditasi ISO 9001:2008.
Balai Besar POM di Mataram